Bisakah Kita Menggunakan HDD Komputer Di Laptop Atau Kebalikannya?

Daftar Isi

Gambar Perbandingan HDD 2,5 Dan HDD 3,5
Secara umum, hard disk memiliki dua jenis yang dibedakan berdasarkan ukurannya, yaitu hdd 2,5 inch dan hdd 3,5 inch. Bisa ditebak bahwa 2,5 inch digunakan pada laptop dan 3,5 inch pada komputer. Namun, apakah kita bisa membaliknya dengan menggunakan hdd laptop di komputer ataupun menggunakan hdd komputer di laptop? Jawabannya sangat bisa.


Gambar Port Dan Kabel HDD
Kabel pada hdd, dibagi menjadi dua dengan kedua fungsi yang berbeda, yaitu sebagai kabel tegangan (power sata) dan kabel data (sata). Pada dasarnya, semua hdd menggunakan port sata (bawah) dan kabel power hdd (atas) yang sama, baik itu pada jenis 2,5 inch dan 3,5 inch.

Gambar Pin Port Sata
Di atas adalah pin dari kabel sata sebagai kabel transportasi data. Semua kabel dan port sata pasti menggunakan konfigurasi seperti itu sehingga perpindahan data pada hard disk laptop dan komputer pada dasarnya sama saja. Hal ini memungkinkan untuk kedua tipe hard disk digunakan sebagai penyimpanan internal, baik di laptop maupun komputer.


Gambar Pin Kabel Power Sata
Perbedaannya terdapat pada kabel powernya. Hdd komputer menggunakan tegangan 5V dan 12V, sedangkan hdd laptop hanya memakai tegangan 5V saja. Pertanyaannya apakah bahaya jika kabel power komputer yang disertai tegangan 12V ditancapkan ke hdd laptop? Jawabannya tidak apa-apa dan bisa langsung digunakan karena jalur 12V pada board hdd laptop tidak terpakai sama sekali.

Bagaimana jika dibalik, jika kita hanya menggunakan sumber 5V saja pada hdd komputer yang juga membutuhkan tegangan 12V? Pastinya hdd tidak akan hidup karena kekurangan tegangan, maka ketika kita ingin menggunakan hdd komputer di laptop, kita harus menggunakan adaptor tambahan untuk menyuplai tegangan 12V-nya. 

Gambar Hard Disk Komputer Di Laptop
Sumber : https://www.instructables.com/Using-a-full-sized-HDD-in-a-Laptop/
Tapi terlepas dari itu, hdd komputer tidak bisa dipasang di laptop secara portabel karena ukurannya yang sangat besar sehingga jika kita memaksa menggunakan hdd 3,5 inch pada laptop sekarang, maka laptop menjadi tidak bisa atau ribet dibawa ke mana-mana. Terlebih, hard disknya harus diletakkan di luar laptop karena pastinya di dalam laptop tidak punya cukup ruang untuk menyimpan hard disk 3,5 inch tersebut, belum lagi masalah kabel yang bertebaran di mana-mana

Kesimpulan

Hard disk komputer yang berukuran 3,5 inch dapat digunakan pada laptop dengan tambahan adaptor untuk supply 12V, sedangkan hard disk laptop dapat langsung digunakan pada komputer. Namun, tentu penggunaan hard disk komputer yang besar pada laptop membuatnya tidak portabel lagi.





Posting Komentar