Memperbaiki Jalur Putus Pada Keyboard Dengan Conductive Ink DIY

Daftar Isi
Halo semuanya. Beberapa hari yang lalu keyboard membrane saya tidak berfungsi sebagian hurufnya dan memiliki pola yang teratur. Sayapun penasaran sehingga memutuskan untuk membongkarnya.

 Setelah dicek ternyata benar, yaitu terjadi putus di salah satu jalurnya.

Gambar Conductive Ink dan Copper Tape
Ada beberapa pilihan untuk memperbaiki hal tersebut, seperti conductive ink ataupun copper tape. Namun, menurut saya conductive ink lebih gampang diatur penempatannya karena bentuknya adalah cairan encer hingga sedikit kental.

Harga dari conductive ink juga tidak terlalu mahal sebenarnya, yaitu mulai dari Rp20.000,00 di toko kuning. Masalahnya adalah saya tinggal di Jawa Timur dan ongkirnya bisa-bisa seharga barangnya. Hal tersebut membuat saya malas untuk membelinya. 

Terlintaslah di pikiran saya untuk membuat conductive ink sendiri di rumah. Bahannya sederhana, hanya lem dan bubuk konduktif, seperti bubuk grafit. Lem yang digunakan bisa lem apapun yang mudah ditemukan di rumah dan memiliki karakteristik kental, seperti glukol, lem putih untuk kayu, bahkan epoxy untuk kekuatan yang tinggi. Selanjutnya adalah grafit bubuk dengan harga pasar Rp50.000,00/500gram di toko online, tapi menurut saya hal tersebut jumlahnya sangat banyak untuk dipakai repair satu keyboard saja.

Alternatifnya, kalian dapat mendapatkan grafit dari baterai zinc-carbon bekas atau pensil. Kebetulan saya mendapatkannya dari baterai bekas, tinggal ambil saja batang grafit dengan membuka ujung baterai kemudian ditarik menggunakan tang.

Selanjutnya, elektroda dari baterai yang berupa grafit saya haluskan menggunakan kikir. Jangan gunakan amplas, karena serbuk amplas yang nonkonduktif akan masuk juga mengotori serbuk grafitnya sehingga menyebabkan rendahnya daya hantar listrik dari serbuknya.

Terakhir, tinggal dicampur dengan lem glukol atau boleh apapun asal bisa mengikat bubuk grafitnya dan aduk hingga merata. Kalian bisa tambahkan alkohol juga agar lebih encer sehingga lebih mudah menempatkannya. Alkohol dipilih karena cepat menguap. 

Selanjutnya tinggal diaplikasikan saja deh. Tunggu hingga benar-benar kering.

Ketika kering, conductive ink yang saya punya memiliki resistansi sebesar ~200 Ohm. Hal tersebut memang cukup besar, tapi sangat baik untuk digunakan pada keyboard. Tambahkan grafit lebih banyak jika ingin lebih konduktif.

Seluruh tombol keyboard saya berfungsi kembali.

Posting Komentar