Langsung ke konten utama

Review Dan Penggunaan Pompa Galon Elektrik Mini Murah

Dipublikasikan : Agustus 18, 2020, Diperbarui : Juni 24, 2023
Gambar Pompa Air Goto
Kalian mungkin lelah untuk mengangkat galon ke dispenser dengan lubang air di atas atau bahkan bagi kalian yang masih harus menuangkan air dari galon ke teko air? Mungkin kalian bisa beralih menggunakan alat murah yang sangat menarik ini. Sesuai dengan namanya, pompa ini berukuran mini dan tentunya juga bersistem elektrik yang ditenagai baterai sehingga tidak perlu repot-repot saat listrik mati.

Kebetulan yang saya beli merupakan pompa dari Goto Hardware dari Shopee. Alasan saya membeli dari sana karena mereka Official Store dan murah juga, sekitar 27 ribuan. Namun, tidak ada kewajiban di mana kalian harus membelinya karena sebetulnya produk ini sama semua meski dengan merek berbeda.

Dan inilah yang saya dapatkan di paket pembeliannya,

Cara Penggunaan

Untuk cara penggunaannya cukup simpel dan praktis, pertama usahakan kalian cuci dahulu selang dan corongnya hingga bersih. Lalu, kalian cek dahulu fungsi-fungsinya apakah bekerja dengan baik atau tidak. Pengecekan-pengecekan tersebut akan dijelaskan lebih lanjut di bawah.

Di pompa yang saya beli ini, terdapat hanya satu tombol yang berfungsi untuk memompa air dari galon keluar dari corong pompanya. Ceklah dengan menekan tombol ini, apabila terdapat lampu menyala biru maka barang dapat dipastikan berfungsi. Jika tidak, maka cobalah cas pompa ini terlebih dahulu. Jika masih tidak bekerja, maka pompa yang anda terima mengalami kerusakan, kemungkinan besar pada baterainya.

Di sisi lain, terdapat juga socket micro usb yang berfungsi untuk mengecas baterainya. Tanda-tanda baterai akan habis yaitu apabila kekuatan pompanya sudah mulai melemah, maka kalian cas saja sampai penuh kembali. 

Untuk mengecas baterai, kalian hubungkan saja kabelnya ke adaptor hp kalian, pastikan tegangan adaptornya 5V dan pastikan juga lampu merah menyala. Jika lampu tidak menyala, maka terdapat dua kemungkinan yang dapat terjadi. Kemungkinan tersebut yang pertama adalah lampu indikator rusak sehingga sistem cas sebenarnya bekerja normal, tetapi indikator tidak nyala karena mengalami kerusakan. Kemungkinan kedua adalah sistem casnya rusak yang ditandai dengan daya pompa galon ini semakin melemah meski telah dicas dalam waktu lama.

Q : "Mengapa indikator merah tidak berubah meski dicas lama? Apa karena baterainya belum penuh?"
A : "Sayapun heran dengan sistem pemutus arus di pompa ini. Asumsi saya adalah karena harganya murah sehingga fitur yang disediakan seringkali tidak bekerja. Jadi, jangan gunakan lampu indikator sebagai penuh tidaknya baterai kalian. Saya sarankan untuk mengecasnya selama 2-3 jam saat pompanya mulai melemah."

Nah untuk pemasangan periperalnya juga sangat simpel. Kalian masukkan corong stainless ke lubang yang terdapat di depan dan untuk selang masukkan ke lubang di bawah. Seperti gambar dibawah ini,
Sip, periperalnya sudah terpasang semua.

Lalu, tinggal pasang saja di galon air mineralnya. Untuk pemasangannya tidak pakai kuncian, jadi langsung taruh saja. Meskipun begitu, air akan tetap aman dan juga tidak gampang dimasuki kotoran-kotoran karena terlindungi oleh body bawah dari alat ini. Karena tidak ada kuncian, jadi alat ini bisa diputar-putar ke segala arah untuk mengarahkan moncongnya.

Kesimpulan


Pompa galon elektrik jenis ini dibanderol dengan harga 27 ribu membuatnya sangat layak dibeli karena harganya murah dan fungsinya yang memudahkan kita. Keawetan pompa inipun saya acungi jempol karena saya tidak menemui adanya kendala selama tiga tahun pemakaian. Mengesampingkan kelebihannya, lagi-lagi ada harga, ada kualitas yang dapat dilihat dari tingkat kebisingan yang tinggi dari pompa ini. Pompa ini mengeluarkan suara yang berisik saat dinamonya bekerja untuk memompa. 

Banyak water pump di luar sana yang memang kualitasnya lebih bagus dari ini dengan harga yang lebih mahal pula. Hal tersebut akan saya coba bahas dan bandingkan antara water pump murah ini dengan jenis lain yang harganya lebih mahal, terutama untuk nengecek tingkat kebisingannya pada artikel lainnya.

Terima kasih telah membaca artikel ini.

Komentar

  1. cara mengetahui batrei penuh atau tidaknya gimana mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya saat penuh lampu merah akan padam. Saran saya dibatasin waktu aja, semisal ngecasnya selama 30 menit atau 1 jam saat pompanya mulai melemah.

      Hapus
  2. Apa itu otomatis airnya panas dingin atau ada tombol pilihan pengendali dingin panas seperti dispenser biasa,atau bagaimana pak/Bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada pengaturan suhu mengingat juga karena harganya yang murah. Air yang keluar dalam keadaan suhu ruang.

      Hapus
  3. Kalau di charger mati apa tandanya sudah penuh ,apa memang di isi tidak masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penuh, saat dicas maka lampu merah akan hidup sebentar dan tak lama padam.

      Hapus
    2. Klao di cas kog bunyi yaa

      Hapus
    3. Bunyi bagaimana ya? Memang alat ini jika dioperasikan (memompa) sangat bersuara.

      Hapus
    4. Terima kasih mas Yuda. Semoga aja pompa galon saya benar udah terisi full baterainya hehe. Soalnya udah dicas, terus lampu merah hidup sebentar lalu mati lagi.

      Hapus
  4. Kalo ngecas harus dilepas dulu dari galonnya apa bisa/aman aja kalo langsung cas dalam keadaan sdg terpasang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman. Untuk sistem casnya memang sudah dirancang saat terpasang pada galon.

      Hapus
  5. Saya ngecas semalaman tp lampu merah belum padam juga..kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang seperti itu, tidak terlalu akurat sensornya, maklum barang murah. Lebih baik dicabut setelah 2-3 jam pengecasan.

      Hapus
  6. Knp Setiap 7 Detik psti Off Sendiri....??

    BalasHapus
  7. Untuk adapternya itu harus pakek yang 5v/1A ya?, apa boleh pakek 5v/2A?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ampernya bebas yang penting voltasenya 5V (micro-usb)

      Hapus
  8. Airnya kok kriyep2 doang ya, keburu imsak baru penuh 1 gelas ni mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy udah charge seharian masih merah nyala. Dicoba lepas charge lg sm, langsung cb digalon sm ga keluar n lampu masih me rah sekali biru eh merah lg

      Hapus
    2. Indikator LED di galon ini memang tidak bisa dijadikan acuan, sering ngaconya, maklum barang murah. Kalau memang setelah dicas lama, daya pompa tetap lemah, maka dipastikan barang mengalami kerusakan.

      Hapus
  9. Ka alat pompa nya hrs di cuci dlu gk?punya aku gk di cuci rasa air nya jadi gaenak ,,,,klo do cuci bolh kasih tau cara nya gk takut slah dan meruska produk soal nya ,,,mohon bantuan nya ya ka terimalsih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pemakain pertama kali, saya sarankan dicuci terlebih dahulu agar bersih. Penyucian bisa menggunakan sabun cuci biasa, dialirkan ke dalam galon dan jangan lupa dibilas dan dikeringkan agar minuman kita tidak terkontaminasi sabun. Kalau masalah rasa air, pengalaman saya memang awal-awalnya ada keanehan di lidah, tetapi lama-lama akan hilang.

      Hapus
  10. Klu di cas lampu nya gak hidup, rusak ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin saja kerusakan terjadi pada indikator LEDnya. Kalau dicoba dicas, tetapi pompa tetap lemah, maka bisa dipastikan memang rusak sistem casnya.

      Hapus
  11. Waktu cas..selang aer kan basah bekas dipkai. Apa hrus di cabut dulu selangnya?? Kan bisa Nyetrum klo basah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman, tidak perlu dicabut. Sistem pompa dan kelistrikan termasuk baterai dipisahkan sedemikian rupa sehingga tidak akan kemasukan air.

      Hapus
  12. Kok punyaku gak full full sih, dri semalem merah terus, knp yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sering begitu. Lampu indikator jangan dijadikan acuan.

      Hapus
  13. punyaku udah dichareger semalaman terus mati kan lampu sensor nya,aku kira udah penuh eh paginya aku coba ga bisa giliran aku charger lagi kok seniornya masih merah apa kemungkinan tadi malam belum di cas dengan benar? please ditunggu jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, mohon maaf telat menjawab. Seperti uraian penjelasan di artikel ini beserta komentar-komentar lain di atas, saya menegaskan ulang bahwa sensor lampu pada dispenser ini memiliki akurasi sangat rendah dan tidak dapat dijadikan acuan. Bahkan saya belum pernah melihat lampu biru yang mengindikasikan penuh padahal sudah dicas berjam-jam, melainkan langsung mati indikatornya sepertinya yang anda alami. Mungkin bisa dideskripsikan lagi permalsaahan yang dialami? Apa dispenser dapat memompa saat kabel cas tercolok?

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyalakan PSU ATX Tanpa Komputer Dengan Metode Jumper

Dipublikasikan : Agustus 16, 2020, Diperbarui : Juni 26, 2023
Halo semuanya. Mungkin sebagaian dari kalian bingung untuk menyalakan psu tanpa komputer atau hanya ingin mengetest psu saja tanpa harus memasangnya di motherboard komputer atau sebagainya. Teori PSU ATX akan hidup apabila sinyal pada PS-ON adalah low dan akan mati dalam keadaan standby apabila sinyal pada PS-ON high. Kondisi low didefinisikan sebagai kondisi di mana tegangan listrik berada pada kondisi minimum, yaitu 0V, sedangkan kondisi high berarti tegangannya berada pada nilai maksimumnya dalam kasus PS-ON ini adalah 5V.  Pada kondisi awal, IC PWM yang membaca sinyal PS-ON akan dialiri tegangan 5V yang berarti dalam kondisi high sehingga membuat IC tersebut meresponnya dengan tidak mengaktifkan tegangannya.  Apabila kita jumperkan kabel PS-ON yang berwarna hijau ke ground yang berwarna hitam, maka tentu saja tegangan pada PS-ON mengalir ke ground (negatif) sehingga PS-ON tidak mempunyai tegangan. Karena tidak ada tegangan, maka PS-ON akan didefinisikan dalam kondis

Menghilangkan Proteksi Pada Power Supply ATX LA8100PN Dan Sejenisnya

Dipublikasikan : Agustus 16, 2020, Diperbarui : Februari 19, 2024
Halo semuanya, pada tutorial kali ini saya ingin berbagi cara untuk menghilangkan sistem proteksi pada power supply atx atau biasa disebut juga psu komputer. Proteksi ini biasanya mencakup Over Current Protection, Over Voltage Protection, dan Under Voltage Protection. Nah, sistem proteksi-proteksi di atas akan menghalangi kalian untuk memakai seluruh daya pada psu atx, yang biasanya digunakan untuk MBR/Penghancur Short. Setelah sistem proteksi tersebut dihilangkan, maka kalian secara bebas dapat memakai seluruh daya pada psu tersebut, baik untuk MBR, Las Mini, dan bahkan untuk men-shortkannya pun tidak masalah (Sebentar saja). WARNING : DAPAT MENIMBULKAN KEBAKARAN JIKA TIDAK BERHATI-HATI DALAM MELAKUKAN LANGKAH-LANGKAHNYA. TANYAKAN KEPADA ORANG YANG BERKOMPETEN KETIKA INGIN MELAKUKAN PERCOBAAN LEBIH MENDALAM. Cara Mematikan Sistem Proteksi Ini adalah penampakan dari boardnya. Bagian yang saya lingkarin tersebut merupakan ic pwm dari psu ini.

Review Dan Penggunaan Remote Universal Joker

Dipublikasikan : Agustus 16, 2020, Diperbarui : Juni 26, 2023
Halo semuanya. Remote kalian pernah rusak? Atau kalian bertanya, apa sih Remote Universal itu? Nah di artikel kali ini saya akan membahas mengenai Remote Universal. Apa itu Remote Universal? Remote Universal, sesuai namanya yaitu "Universal" yang artinya umum. Jadi, Remote Universal adalah remote yang bisa digunakan secara umum pada hampir semua merek TV, digital receiver, bahkan AC (tergantung merek universal remotenya).  Untuk remote yang saya beli adalah Multi RM99+ID Joker yang biasanya sih disebut Remote Joker. Alasan saya membelinya adalah karena remote TV saya rusak dan harga remote barunya sangat mahal. Saran saya kepada kalian jika remote rusak, sebaiknya kalian beli universal remote saja karena harganya jauh lebih murah dibanding remote aslinya atau biaya servis remotenya. Remote universal Joker ini biasanya dibanderol dengan harga 20 ribuan saja di online shop. Dari dus Remote Joker ini, yang saya dapatkan adalah Remote yang

Bisakah Kita Menggunakan HDD Komputer Di Laptop Atau Kebalikannya?

Dipublikasikan : Agustus 20, 2021, Diperbarui : Juni 24, 2023
Secara umum, hard disk memiliki dua jenis yang dibedakan berdasarkan ukurannya, yaitu hdd 2,5 inch dan hdd 3,5 inch. Bisa ditebak bahwa 2,5 inch digunakan pada laptop dan 3,5 inch pada komputer. Namun, apakah kita bisa membaliknya dengan menggunakan hdd laptop di komputer ataupun menggunakan hdd komputer di laptop? Jawabannya sangat bisa. Kabel pada hdd, dibagi menjadi dua dengan kedua fungsi yang berbeda, yaitu sebagai kabel tegangan (power sata) dan kabel data (sata). Pada dasarnya, semua hdd menggunakan port sata (bawah) dan kabel power hdd (atas) yang sama, baik itu pada jenis 2,5 inch dan 3,5 inch. Di atas adalah pin dari kabel sata sebagai kabel transportasi data. Semua kabel dan port sata pasti menggunakan konfigurasi seperti itu sehingga perpindahan data pada hard disk laptop dan komputer pada dasarnya sama saja. Hal ini memungkinkan untuk kedua tipe hard disk digunakan sebagai penyimpanan internal, baik di laptop maupun komputer. Perbedaannya terdapat pada kabel powernya. Hdd

Pembuktian Luas Permukaan Kerucut

Dipublikasikan : April 07, 2021, Diperbarui : Juni 11, 2021
Jika kita perhatikan, luas permukaan kerucut terdiri dari satu lingkaran utuh dan bagian dari lingkaran (juring), maka kita peroleh Luas Permukaan Kerucut = Lingkaran + Juring AB Dan ternyata panjang busur AB = keliling lingkaran dengan jari-jari r  dikarenakan kedua garis tersebut merupakan rusuk pada bangun kerucut.  Busur AB = Keliling lingkaran utuh = `2pir`    Kalian perhatikan bahwa Juring AB memiliki garis pelukis s yang merupakan jari-jari sebuah lingkaran penuh. Perhatikan ilustrasi berikut   Dari ilustrasi, kita bisa mendapatkan luas dari Juring AB dengan membandingkan antara busur AB dan keliling lingkaran penuh yang berjari-jari s . Kita anggap lingkaran penuh dari ilustrasi tersebut adalah lingkaran besar, maka   `frac{text(Luas Juring AB)}{text(Luas Lingkaran Besar)} = frac{text(Busur AB)}{text(Keliling Lingkaran Besar)}`     Luas Juring AB = `frac{text(Busur AB)}{text(Keliling Besar)} xx text(Luas Lingkaran Besar)`  = `frac{2pir}{2pis} xx pis^2` = `frac{cancel(2pi)r}{can