Langsung ke konten utama

Cara Menyalakan PSU ATX Tanpa Komputer Dengan Metode Jumper

Dipublikasikan : Agustus 16, 2020, Diperbarui : Juni 26, 2023
Halo semuanya. Mungkin sebagaian dari kalian bingung untuk menyalakan psu tanpa komputer atau hanya ingin mengetest psu saja tanpa harus memasangnya di motherboard komputer atau sebagainya.

Teori

PSU ATX akan hidup apabila sinyal pada PS-ON adalah low dan akan mati dalam keadaan standby apabila sinyal pada PS-ON high. Kondisi low didefinisikan sebagai kondisi di mana tegangan listrik berada pada kondisi minimum, yaitu 0V, sedangkan kondisi high berarti tegangannya berada pada nilai maksimumnya dalam kasus PS-ON ini adalah 5V. 

Pada kondisi awal, IC PWM yang membaca sinyal PS-ON akan dialiri tegangan 5V yang berarti dalam kondisi high sehingga membuat IC tersebut meresponnya dengan tidak mengaktifkan tegangannya. 

Apabila kita jumperkan kabel PS-ON yang berwarna hijau ke ground yang berwarna hitam, maka tentu saja tegangan pada PS-ON mengalir ke ground (negatif) sehingga PS-ON tidak mempunyai tegangan. Karena tidak ada tegangan, maka PS-ON akan didefinisikan dalam kondisi low yang akan direspon oleh IC PWM pada psu untuk mengaktifkan tegangan yang ada pada psu. Apabila jumpernya dilepas, maka tentu saja sinyal PS-ON akan kembali dalam kondisi high dan akan memutus tegangan kembali.

Cara Menyalakan Dengan Jumper

Cara menyalaknnya cukup simpel sekali, yaitu cukup jumper (hubungkan) saja kabel PS-ON (Hijau) ke kabel Ground/COM (Hitam) dengan kawat, timah atau apapun yang konduktif.

Gambar Jumper PS-ON-Ground
Kurang lebih seperti itu penampakannya.

Cukup sekian. Jika bingung silahkan bertanya di kolom komentar.

Komentar

  1. Jika dihubungkan ke listrik baru d jamper, psu bisa on gk ka

    BalasHapus
  2. Gan udah tak ikuti langkah2nya kok belum bsa hidup ya psunya. Kabel hijau di jumper kbel hitam. Pdhal udah di test pake multi digital kbel hijau ada voltase 4,5V. Pas di jumper ground ttep gk hidup. Kira2 apalagi yg hrus di jumper

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah yakin kena groundnya? Shortkan kabel hijau ke tempat saat mengukur voltase kabel hijau.

      Hapus
    2. Jumpernya hijau sama merah om, yang sebelahnya

      Hapus
  3. punya sya juga bang..
    posisi stand by ada tegangan d ps on. 4.5. pas di jumper tegangan sya ukur di ps on 0v.
    tetapi output 12v 5v 3v tidak nampak. kan sudah posisi on kalo tegangan pada ps on Jadi 0V.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau begitu, kemungkinan besar ada kerusakan pada psu. Ic controllernya tidak akan bekerja karena mendeteksi kerusakan pada salah satu atau beberapa dari jalur dari 12v, 5v, 3v meskipun ps-on sudah low.

      Hapus
  4. Jika belum di jumper udah nyala gimana om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk PSU ATX normal seharusnya tidak demikian. Kalau langsung nyala dan keluar tegangan, berarti kemungkinan PS-ON terhubung ke ground.

      Hapus
  5. Berrati PSU on itu selalu hijau ya kk, dan abu2 berrti ground , dan semua PSU apakah sama ????

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghilangkan Proteksi Pada Power Supply ATX LA8100PN Dan Sejenisnya

Dipublikasikan : Agustus 16, 2020, Diperbarui : Februari 19, 2024
Halo semuanya, pada tutorial kali ini saya ingin berbagi cara untuk menghilangkan sistem proteksi pada power supply atx atau biasa disebut juga psu komputer. Proteksi ini biasanya mencakup Over Current Protection, Over Voltage Protection, dan Under Voltage Protection. Nah, sistem proteksi-proteksi di atas akan menghalangi kalian untuk memakai seluruh daya pada psu atx, yang biasanya digunakan untuk MBR/Penghancur Short. Setelah sistem proteksi tersebut dihilangkan, maka kalian secara bebas dapat memakai seluruh daya pada psu tersebut, baik untuk MBR, Las Mini, dan bahkan untuk men-shortkannya pun tidak masalah (Sebentar saja). WARNING : DAPAT MENIMBULKAN KEBAKARAN JIKA TIDAK BERHATI-HATI DALAM MELAKUKAN LANGKAH-LANGKAHNYA. TANYAKAN KEPADA ORANG YANG BERKOMPETEN KETIKA INGIN MELAKUKAN PERCOBAAN LEBIH MENDALAM. Cara Mematikan Sistem Proteksi Ini adalah penampakan dari boardnya. Bagian yang saya lingkarin tersebut merupakan ic pwm dari psu ini.

Cara Clone Aplikasi Secara Tidak Terbatas Di Android

Dipublikasikan : Maret 11, 2020, Diperbarui : Agustus 26, 2020
Clone atau menggandakan aplikasi sudah menjadi hal lumrah saat ini. Pasalnya, hal tersebut sangat berguna ketimbang kita membeli handphone lain.  Yuk! Simak tutorialnya di bawah ini. (H3) Cara Clone Aplikasi Di Android Pertama-tama silahkan install aplikasinya terlebih dahulu. Disini saya menggunakan aplikasi Multi Parallel - Multiple Accounts & App Clone  yang bisa kalian download melalui link berikut  https://play.google.com/store/apps/details?id=multi.parallel.dualspace.cloner Setelah diinstall, untuk clone aplikasi silahkan pencet Add Clone Lalu, pencet aplikasi yang ingin kalian clone. Nah, setelah kalian klik aplikasi yang kalian mau clone pasti terdapat centang birunya dan silahkan pencet Add Clone . Tulisan (1) adalah banyaknya aplikasi yang saya mau clone yaitu cuma 1 aplikasi. Maka aplikasi yang telah kalian clone akan terlihat di halaman depan dari aplikasi Multi Paralle

Bisakah Kita Menggunakan HDD Komputer Di Laptop Atau Kebalikannya?

Dipublikasikan : Agustus 20, 2021, Diperbarui : Juni 24, 2023
Secara umum, hard disk memiliki dua jenis yang dibedakan berdasarkan ukurannya, yaitu hdd 2,5 inch dan hdd 3,5 inch. Bisa ditebak bahwa 2,5 inch digunakan pada laptop dan 3,5 inch pada komputer. Namun, apakah kita bisa membaliknya dengan menggunakan hdd laptop di komputer ataupun menggunakan hdd komputer di laptop? Jawabannya sangat bisa. Kabel pada hdd, dibagi menjadi dua dengan kedua fungsi yang berbeda, yaitu sebagai kabel tegangan (power sata) dan kabel data (sata). Pada dasarnya, semua hdd menggunakan port sata (bawah) dan kabel power hdd (atas) yang sama, baik itu pada jenis 2,5 inch dan 3,5 inch. Di atas adalah pin dari kabel sata sebagai kabel transportasi data. Semua kabel dan port sata pasti menggunakan konfigurasi seperti itu sehingga perpindahan data pada hard disk laptop dan komputer pada dasarnya sama saja. Hal ini memungkinkan untuk kedua tipe hard disk digunakan sebagai penyimpanan internal, baik di laptop maupun komputer. Perbedaannya terdapat pada kabel powernya. Hdd

Review Dan Penggunaan Pompa Galon Elektrik Mini Murah

Dipublikasikan : Agustus 18, 2020, Diperbarui : Juni 24, 2023
Kalian mungkin lelah untuk mengangkat galon ke dispenser dengan lubang air di atas atau bahkan bagi kalian yang masih harus menuangkan air dari galon ke teko air? Mungkin kalian bisa beralih menggunakan alat murah yang sangat menarik ini. Sesuai dengan namanya, pompa ini berukuran mini dan tentunya juga bersistem elektrik yang ditenagai baterai sehingga tidak perlu repot-repot saat listrik mati. Kebetulan yang saya beli merupakan pompa dari Goto Hardware dari Shopee. Alasan saya membeli dari sana karena mereka Official Store dan murah juga, sekitar 27 ribuan. Namun, tidak ada kewajiban di mana kalian harus membelinya karena sebetulnya produk ini sama semua meski dengan merek berbeda. Dan inilah yang saya dapatkan di paket pembeliannya, Cara Penggunaan Untuk cara penggunaannya cukup simpel dan praktis, pertama usahakan kalian cuci dahulu selang dan corongnya hingga bersih. Lalu, kalian cek dahulu fungsi-fungsinya apakah bekerja dengan baik atau tidak. Pengecekan-pengecekan t

Memperbaiki Jalur Putus Pada Keyboard Dengan Conductive Ink DIY

Dipublikasikan : Februari 12, 2021, Diperbarui : Juli 08, 2023
Halo semuanya. Beberapa hari yang lalu keyboard membrane saya tidak berfungsi sebagian hurufnya dan memiliki pola yang teratur. Sayapun penasaran sehingga memutuskan untuk membongkarnya.  Setelah dicek ternyata benar, yaitu terjadi putus di salah satu jalurnya. Ada beberapa pilihan untuk memperbaiki hal tersebut, seperti conductive ink ataupun copper tape. Namun, menurut saya conductive ink lebih gampang diatur penempatannya karena bentuknya adalah cairan encer hingga sedikit kental. Harga dari conductive ink juga tidak terlalu mahal sebenarnya, yaitu mulai dari Rp20.000,00 di toko kuning. Masalahnya adalah saya tinggal di Jawa Timur dan ongkirnya bisa-bisa seharga barangnya. Hal tersebut membuat saya malas untuk membelinya.  Terlintaslah di pikiran saya untuk membuat conductive ink sendiri di rumah. Bahannya sederhana, hanya lem dan bubuk konduktif, seperti bubuk grafit. Lem yang digunakan bisa lem apapun yang mudah ditemukan di rumah dan memiliki karakteristik