Langsung ke konten utama

10 Rekomendasi Manhwa Action Korea Yang Wajib Dibaca 2020

Dipublikasikan : Juli 16, 2020, Diperbarui : September 14, 2020
Gambar Tulisan Manhwa
Halo. Di situasi pandemi seperti sekarang kita dianjurkan untuk berdiam di rumah. Memang membosankan. Namun, daripada kita melepas kebosanan kita dengan bermain keluar rumah mending baca beberapa manhwa korea bertema action yang pastinya akan menghibur kalian selama di rumah. 
Berikut adalah 10 Rekomendasi Manhwa Korea Bertema Action,


God of Blackfield

Gambar Cover God of Blackfield
Komik ini menceritakan seseorang bernama Kang Chan yang sering disebut God Of Blackfield oleh musuh-musuhnya pada saat terjadi perang Afrika. Ia disebut demikian karena kehebatannya dalam berperang. Namun, ketika dalam misi membunuh Masallan, otak dibalik organisasi SISS yaitu organisasi teroris, Kang Chan malah terbunuh oleh orang misterius yang menembaknya dari belakang. Ia gugur dalam perang. Anehnya, ia terbangun di tubuh seorang remaja SMA dan menjalani kehidupan kedua sembari mencari tahu siapa orang yang membunuhnya.

Nah, meskipun memiliki cerita yang identik dengan peperangan, namun juga terdapat unsur romance dan sedikit slice of life sehingga tidak monoton terhadap perang.

A Returner Magic Should Be Special

Gambar Cover A Returner Magic Should Be Special
Menceritakan Arman Desir, salah satu dari enam ras manusia yang tersisa pada dunia bayangan. Mereka yang masih tersisa berupaya untuk menyelesaikan dunia bayangan. Namun, sangat disayangkan ketika mereka berhasil membunuh musuh terakhir, musuh tersebut meledak dan mengakibatkan mereka semua mati. Namun, dengan ajaib Arman Desir berhasil kembali 13 tahun yang lalu yang mana saat ia mendaftar akademi sihir terbaik di negaranya, Havrion dan 3 tahun sebelum dunia bayangan terjadi. Ia bersikeras untuk mengubah masa lalu dan melindungi teman-temannya yang ia cintai.

Komik ini memiliki fokus kepada mc dan teamnya dan sangat lekat dengan namanya teammate. Cukup bagus karena ceritanya tidak membosankan.

Medical Return

Gambar Cover Medical Return
Kim Jinhyun, seorang ahli bedah yang tidak beruntung, mendapatkan kesempatan kedua untuk memperbaiki hidupnya. Ia kembali kepada masa SMP-nya. Di kehidupan keduanya ini, ia bercita-cita menjadi dokter kulit yang kaya daripada menjadi ahli bedah yang ia benci. Namun usahanya tidak semulus itu, apakah yang akan terjadi pada Kim Jinhyun?

Saya akui di komik ini memang mcnya sangat op (overpower) karena sudah memiliki pengalaman kedokteran di kehidupan sebelumnya. Dan nilai plus dari komik ini adalah menyertakan istilah-istilah medis (kedokteran) yang disertai penjelasannya yang dapat mengedukasi kita sembari menikmati ceritanya.

Slave B

Gambar Cover Slave B
Niro, ras setengah elf yang kehilangan orangtuanya ketika masih bayi dan diasuh oleh pasangan budak. Para budak tumbuh di dunia dimana mereka tidak diperlakukan selayaknya, hingga akhirnya ia kehilangan orangtua "tiri"-nya dan mengambil peran kepala keluarga untuk kedua adiknya. Hanya ada satu cara untuk mengubah status itu, yaitu lulus dari Excarnum, sama seperti kaisar saat ini, Muren. Namun, Perjalanan yang dilalui Niro tidak semudah itu, bisakah ia masuk dan lulus Excarnum?

Komik yang memiliki pesan moral bahwa semua orang, dari status sosial apapun dapat berubah menjadi lebih baik (yah spoiler). Komik ini mengandung penindasan dan perjuangan keras dari Niro untuk melindungi kedua adiknya. Memang, mcnya nanti akan ditindas dengan segala macam cara. Dan namanya juga mc tertindas, pasti ada kisah seru selanjutnya.

I Am Player Who Suck Alone

Gambar Cover I Am Player Who Suck Alone
Bercerita tentang mc (Sin Tae-Pung)  yang sangat antusias bermain sebuah game bernama "Paradise". Ia bahkan membuat blog yang berisikan informasi tentang game "Paradise" sekaligus menjadi blog nomor satu dalam sepuluh tahun berturut-turut. Hingga suatu saat, ia dikabarkan meninggal akibat kerja dan bermain game  berlebihan. Namun, ia ternyata terbangun di tubuh seseorang bernama Jared, pemimpin kota Crivia pada game Paradise. Ia pun bekerja keras untuk menghentikan kehancuran yang diakibatkan peperangan yang terjadi pada masa  depan.

Sebuah komik yang bagus, karena kalian akan melihat perjuangan si mc untuk memperbaiki citra karakter "Jared" yang buruk dan membangun kota Crivia menjadi lebih baik.

Ranker Who Lives A  Second Time

Gambar Cover Ranker Who Lives A Second Time
Yeon-woo memiliki saudara kembar yang menghilang lima tahun yang lalu. Suatu hari arloji saku yang ditinggalkan oleh saudaranya kembali kepadanya. Setelah memegang arloji tersebut, sesuatu yang aneh terjadi. Hal itu adalah rekaman suara saudaranya yang mengatakan bahwa ia (saudaranya) pergi mencari obat di dunia lain untuk ibunya. Yeon-woo juga mendapati bahwa saudaranya tersebut telah mati di dunia lain, dikarenakan perang yang kelompoknya alami dan munculnya si pengkhianat. Yeon-woo marah dan ikut menjelajahi dunia tersebut terlebih untuk mencari si pengkhianat yang telah membunuh saudaranya.

Komik ini memiliki mc yang sedikit op (sebenarnya op, tetapi di beberapa kasus dia pilih-pilih lawan). Meskipun ada embel-embel "balas dendam", komik ini tidak seserius itu, ada unsur comedinya, teammate, dan  fantasi yang bagus dan tidak membosankan. Dan juga saat ini komik ini sudah menyelesaikan season pertamanya (Juli 2020) dan belum ada pemberitahuan untuk season keduanya.

The Gamer

Gambar Cover The Gamer
Menceritakan Han Jee-Han yang merupakan murid SMA biasa. Pada suatu hari, muncul kekuatan pada  dirinya yang membuat dunia hampir seperti game. Ia dapat melihat level pada orang lain dan bahkan terdapat stats, item, dan bisa naik level. 

Fantasi dari komik ini sangat bagus. Komik ini memang kurang menampilkan action-action seperti komik lainnya yang  ada di list ini. Tapi, fantasinya memang gila sekali. Mcnya juga progresifnya santai, jadi seolah-olah kalian seperti memainkan sebuah game dimana butuh proses untuk meningkatkan stats-statsnya.

Beginning After The End

Gambar Cover The Beginning After The End
Menceritakan Raja Grey yang memiliki kekuatan, kekayaan, dan kemampuan bela diri yang hebat. Namun, dibunuh secara diam-diam dan bereinkarnasi ke dunia penuh sihir. Sang raja memperoleh kesempatan kedua untuk memperbaiki masa lalunya  dan mencari alasan mengapa ia pergi ke dunia baru ini.

Ya seperti komik-komik bagus lainnya. Mc tidak terlalu op. Dan kalian bisa menikmati perjalanan mc dan perkembangan kekuatan mcnya, ya tidak sesantai The Gamer, namun masih cukup bagus.

Tower Of God

Gambar Cover Tower Of God
Bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Bam ke-25, yang telah menghabiskan hidupnya terperangkap di bawah menara yang luas dan misterius bersama teman dekatnya Rachel. Suatu ketika, Rachel ingin mengubah hidupnya yang membosankan dengan menaiki menara. Bam juga menaiki menara untuk mencari Rachel. Bam berhasil membuka pintu masuk menara sebagai "Irreguler" dan menghadapi berbagai ujian di setiap lantai menara untuk mencapai tujuannya.

Komik ini merupakan komik yang sangat bagus menurut saya. Meskipun ia berusaha mengejar seseorang, namun bukan itu inti ceritanya. Dunia di dalam serial Tower Of God sangat hidup, banyak karakter yang melengkapi mc, terdapat politik dalam menara, pemberontakan terhadap raja, serta sejarah-sejarah dalam dunia TOG. Komik ini sedang hiatus dikarenakan kondisi komikusnya (Juli 2020)

Solo Leveling

Gambar Cover Solo Leveling
Sung jin-woo merupakan hunter rank E terlemah. Ia selalu mempertaruhkan nyawanya dalam raid tingkat E demi hidup adik dan ibunya yang sakit. Suatu ketika, ia ikut dalam raid peringkat D. Namun, keanehan muncul, ia dan partynya malah masuk ketempat yang didalamanya berisi monster di atas peringkat A. Bagaimana kisah selanjutnya dari Sung Jin-Woo dan partynya?

Komik yang sangat bagus. Memiliki tema Zero to Hero. Komik ini memiliki tingkat perkembangan mc yang sangat cepat, tetapi tidak membuat kita bosan untuk membacanya karena kekuatan op dari sang mc tidak dimunculkan terus-menerus. Seperti yang dilihat dari gambarnya, komik ini telah menyelesaikan season pertamanya dan memulai season kedua pada 8 Agustus 2020.



External Sources:
Komikcast, Webtoon, Mangadex, dengan perubahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyalakan PSU ATX Tanpa Komputer Dengan Metode Jumper

Dipublikasikan : Agustus 16, 2020, Diperbarui : Juni 26, 2023
Halo semuanya. Mungkin sebagaian dari kalian bingung untuk menyalakan psu tanpa komputer atau hanya ingin mengetest psu saja tanpa harus memasangnya di motherboard komputer atau sebagainya. Teori PSU ATX akan hidup apabila sinyal pada PS-ON adalah low dan akan mati dalam keadaan standby apabila sinyal pada PS-ON high. Kondisi low didefinisikan sebagai kondisi di mana tegangan listrik berada pada kondisi minimum, yaitu 0V, sedangkan kondisi high berarti tegangannya berada pada nilai maksimumnya dalam kasus PS-ON ini adalah 5V.  Pada kondisi awal, IC PWM yang membaca sinyal PS-ON akan dialiri tegangan 5V yang berarti dalam kondisi high sehingga membuat IC tersebut meresponnya dengan tidak mengaktifkan tegangannya.  Apabila kita jumperkan kabel PS-ON yang berwarna hijau ke ground yang berwarna hitam, maka tentu saja tegangan pada PS-ON mengalir ke ground (negatif) sehingga PS-ON tidak mempunyai tegangan. Karena tidak ada tegangan, maka PS-ON akan didefinisikan dalam kondis

Menghilangkan Proteksi Pada Power Supply ATX LA8100PN Dan Sejenisnya

Dipublikasikan : Agustus 16, 2020, Diperbarui : Februari 19, 2024
Halo semuanya, pada tutorial kali ini saya ingin berbagi cara untuk menghilangkan sistem proteksi pada power supply atx atau biasa disebut juga psu komputer. Proteksi ini biasanya mencakup Over Current Protection, Over Voltage Protection, dan Under Voltage Protection. Nah, sistem proteksi-proteksi di atas akan menghalangi kalian untuk memakai seluruh daya pada psu atx, yang biasanya digunakan untuk MBR/Penghancur Short. Setelah sistem proteksi tersebut dihilangkan, maka kalian secara bebas dapat memakai seluruh daya pada psu tersebut, baik untuk MBR, Las Mini, dan bahkan untuk men-shortkannya pun tidak masalah (Sebentar saja). WARNING : DAPAT MENIMBULKAN KEBAKARAN JIKA TIDAK BERHATI-HATI DALAM MELAKUKAN LANGKAH-LANGKAHNYA. TANYAKAN KEPADA ORANG YANG BERKOMPETEN KETIKA INGIN MELAKUKAN PERCOBAAN LEBIH MENDALAM. Cara Mematikan Sistem Proteksi Ini adalah penampakan dari boardnya. Bagian yang saya lingkarin tersebut merupakan ic pwm dari psu ini.

Pembuktian Luas Permukaan Kerucut

Dipublikasikan : April 07, 2021, Diperbarui : Juni 11, 2021
Jika kita perhatikan, luas permukaan kerucut terdiri dari satu lingkaran utuh dan bagian dari lingkaran (juring), maka kita peroleh Luas Permukaan Kerucut = Lingkaran + Juring AB Dan ternyata panjang busur AB = keliling lingkaran dengan jari-jari r  dikarenakan kedua garis tersebut merupakan rusuk pada bangun kerucut.  Busur AB = Keliling lingkaran utuh = `2pir`    Kalian perhatikan bahwa Juring AB memiliki garis pelukis s yang merupakan jari-jari sebuah lingkaran penuh. Perhatikan ilustrasi berikut   Dari ilustrasi, kita bisa mendapatkan luas dari Juring AB dengan membandingkan antara busur AB dan keliling lingkaran penuh yang berjari-jari s . Kita anggap lingkaran penuh dari ilustrasi tersebut adalah lingkaran besar, maka   `frac{text(Luas Juring AB)}{text(Luas Lingkaran Besar)} = frac{text(Busur AB)}{text(Keliling Lingkaran Besar)}`     Luas Juring AB = `frac{text(Busur AB)}{text(Keliling Besar)} xx text(Luas Lingkaran Besar)`  = `frac{2pir}{2pis} xx pis^2` = `frac{cancel(2pi)r}{can

Pembuktian Aturan Cosinus

Dipublikasikan : Juni 12, 2021, Diperbarui : September 24, 2023
Sayang sekali jika aturan-aturan trigonometri hanya dihafal karena kegunaannya akan sangat sempit nantinya. Oleh karena itu, di sini saya akan membuktikan bagaimana rumus aturan cosinus tersebut bisa tercipta. Untuk mencarinya, kita menggunakan konsep pythagoras, yaitu `a^2 = b^2 + c^2` Mencari `a^2` Kita menggunakan segitiga di atas sebagai dasarnya. Pertama-tama, mari kita cari sisi a. `a^2 ` = `CD^2` + `DB^2` Kita buat x = AD dan DB = c-x, maka `a^2 = (c-x)^2 + CD^2` CD = b.sinA x = b.cosA `a^2 = (c-b.cosA)^2 + (b.sinA)^2` `a^2 = c^2 -2cb.cosA + b^2.cos^2A + b^2.sin^2A` `a^2 = c^2 -2cb.cosA + b^2(cos^2A + sin^2A)` Nah, di sini ada yang menarik. Kita bisa mendapat identitas trigonometri untuk menyederhanakan persamaan di atas lagi-lagi menggunakan pythagoras `a^2 + b^2 = c^2` `frac{a^2}{c^2} + frac{b^2}{c^2} = cancel(frac{c^2}{c^2)}` `frac{a^2}{c^2} + frac{b^2}{c^2} = 1` Jika `frac{a}{c}` = sin`theta` dan `frac{b}{c}` = cos`theta` Maka `frac{a^2}{c^2}` = `frac{a}{c} xx frac{a}{c}`

Pembuktian Rumus Luas Trapesium

Dipublikasikan : Maret 26, 2021, Diperbarui : Juni 11, 2021
Mengapa rumus luas trapesium adalah `frac{1}{2} xx` (sisi atas + sisi bawah) `xx` tinggi? Di sini saya akan membahas tentang hal tersebut.  Saya akan membahas trapesium siku-siku dahulu dan dilanjutkan dengan pembahasan trapesium sama kaki. Sebenarnya mudah kok. Setelah kita tarik garis maka kalian sudah bisa membayangkan tentang bangun datar penyusun trapesium bukan? Trapesium terdiri satu satu persegi atau persegi panjang dengan segitiga siku-siku Nah, berarti Luas Trapesium = Luas Persegi ABCE + Luas Segitiga ECD L = AB`xx`BC + `frac{1}{2}`CD`xx`EC Kalau kita perhatikan garis AB = EC, maka L = EC`xx`BC  +  `frac{1}{2}`CD`xx`EC = `(BC + frac{1}{2}CD)` `xx` EC = `(BC + frac{CD}{2})` `xx` EC Kita bisa melakukan sedikit modifikasi di sini, yaitu kita samakan penyebut dari BC agar bisa dijumlahkan dengan CD L = `(frac{2BC}{2} + frac{CD}{2})` `xx` EC = `(frac{BC + BC}{2} + frac{CD}{2})` `xx` EC = `(frac{BC + color(red)(BC + CD)}{2})` `xx` EC BC + CD = BD, maka = `(frac{color(blue)(BC) +

Bisakah Kita Menggunakan HDD Komputer Di Laptop Atau Kebalikannya?

Dipublikasikan : Agustus 20, 2021, Diperbarui : Juni 24, 2023
Secara umum, hard disk memiliki dua jenis yang dibedakan berdasarkan ukurannya, yaitu hdd 2,5 inch dan hdd 3,5 inch. Bisa ditebak bahwa 2,5 inch digunakan pada laptop dan 3,5 inch pada komputer. Namun, apakah kita bisa membaliknya dengan menggunakan hdd laptop di komputer ataupun menggunakan hdd komputer di laptop? Jawabannya sangat bisa. Kabel pada hdd, dibagi menjadi dua dengan kedua fungsi yang berbeda, yaitu sebagai kabel tegangan (power sata) dan kabel data (sata). Pada dasarnya, semua hdd menggunakan port sata (bawah) dan kabel power hdd (atas) yang sama, baik itu pada jenis 2,5 inch dan 3,5 inch. Di atas adalah pin dari kabel sata sebagai kabel transportasi data. Semua kabel dan port sata pasti menggunakan konfigurasi seperti itu sehingga perpindahan data pada hard disk laptop dan komputer pada dasarnya sama saja. Hal ini memungkinkan untuk kedua tipe hard disk digunakan sebagai penyimpanan internal, baik di laptop maupun komputer. Perbedaannya terdapat pada kabel powernya. Hdd