Langsung ke konten utama

Cara Custom Domain Email Gmail Secara Gratis

Dipublikasikan : Juni 05, 2020, Diperbarui : Agustus 26, 2020
Logo Gmail
Custom domain email mungkin akan menjadi pilihan yang sangat bagus terutama bagi perusahaan-perusahaan besar. Namun, kenapa kita tidak mencobanya? apalagi kalau gratis. Bisa menjadi gaya-gayaan bukan? Hehe...

Di tutorial ini saya menggunakan layanan dari ImprovMX.com. Dengan metode alias ini langkah-langkah yang akan dilalui:

Nah setelah kita melakukan ketiga setup tersebut, maka custom domain bisa kita katakan berhasil karena kita dapat mengirim dan menerima pesan. Kalian bisa saja hanya memilih langkah 2 saja (langkah1 wajib), tetapi kalian hanya bisa menerima pesan dan tidak bisa mendapatkan fitur langkah 3 (mengirim). Jadi, sebaiknya lakukan ketiga langkah tersebut supaya kalian memiliki Email dengan Custom Domain yang fungsinya lengkap. Dan juga lakukan setup secara urut yaitu dari langkah 1 lalu 2 dan dilanjutkan ke langkah 3. Nanti pada langkah 3 kita membutuhkan verifikasi email custom (penjelasan lengkap di bawah) yang berkaitan dengan langkah 2. Jadi lakukan dulu langkah 2 baru 3.

Verifikasi Domain Pada ImprovMX


Gambar Halaman Depan ImprovMX
Buka improvmx.com. Lalu masukkan domain dan email kalian dan klik Create a free alias. Untuk emailnya disesuaikan gmail yang kalian pakai

Gambar Domain Belum Terverifikasi
Kalian verifikasi dulu akun kalian di email yang telah kalian daftarkan. Dan disitu terdapat tulisan Email forwarding needs setup yang berarti kalian belum melakukan setup pada akun kalian.

Gambar DNS Record Yang Harus Ditambahkan
Untuk setupnya, kalian diharuskan membuat MX Entries dan SPF Records yang tertera di atas pada DNS Record di domain kalian.Untuk SPF Records akan didapatkan setelah MX Entries terverifikasi (nanti dijelasin). Untuk itu, kalian harus masuk ke DNS Manager. Jika kalian sudah tau cara memasuki DNS Manager klik disini untuk skip. Jika belum tahu, lanjutkan membaca.

Gambar Login Ke Penyedia Hosting
Untuk membuka DNS Manager pada domain kalian, login dulu ke provider domain kalian masing-masing.

Gambar Urutan Menuju Menu DNS Manager
Domain Registrar (Penyedia domain) saya adalah domainesia jadi urutannya adalah Domains --> Nama Domain --> Addons --> Manage DNS. Di setiap penyedia domain memang berbeda, tetapi secara garis besar sama.

Gambar Menambahkan DNS Record
Setelah membuka DNS Manager, klik Add New Record.


Gambar Menambahkan MX RecordPertama-tama kita isi MX Entries dulu. Pada Record Type ganti ke pilihan MX. Setelah itu isi Priority 10 untuk Hostname (Value) mx1.improvmx.com. (Add Record dahulu, lalu Add New Record untuk yang kedua) dan Priority 20 untuk Hostname mx2improvmx.com.

Gambar MX Records Berhasil Ditambahkan
MX Entries berhasil ditambahkan.

Gambar Mengecek Verifikasi MX Records
Setelah MX Entries selesai ditambahkan..buka kembali improvmx.com (https://app.improvmx.com). Cek apakah pada MX Entries sudah menjadi centang (lihat panah kiri bawah). Apabila belum maka klik Check Again untuk mengecek kembali. Memang prosesnya sedikit lama (Mungkin sekitar 2-3 Menit).

Gambar MX Entries Berhasil Terverifikasi
Setelah MX Entries tercentang, kalian akan mendapatkan SPF Records (sepertinya semuanya sama).

Gambar Menambahkan SPF Record
Kita kembali lagi ke DNS Manager. Untuk memasukkan SPF Record, kalian Add New Record lalu ganti Record Type ke TXT dan Text Information sesuai yang kalian dapat.

Gambar Domain Berhasil Terverifikasi
Setelah semua tercentang, maka terdapat tulisan hijau di atas yang bertuliskan Email forwarding active yang berarti kalian sudah memverifikasi domain kalian.

Setup Custom Domain Email Untuk Menerima Pesan


Gambar Menambahkan Nama Email Pada Domain
Klik Dashboard lalu isi pada bagian new-alias dan klik add.
Sebenarnya tidak kalian tambahkan juga tidak apa-apa karena jika kalian perhatikan di atas new-alias ada kolom berisi * yang artinya dari semua nama @domainkalian.com pesan emailnya dapat diterima. Untuk mengatasi itu, kalian bisa menghapusnya dengan klik tanda (-) lalu menambahkan new-alias

Gambar Nama Email Berhasil Ditambahkan
Nah, selesai. Saya dapat menerima pesan dari orang yang mengirim pada alamat admin@zahrayudha.id dan akan dialihkan ke zahrayudha13@gmail.com dan dapat dibuka di gmail.
Ingat, kita belum bisa mengirim pesan dengan email tersebut, silahkan lanjutkan tutorialnya.


Setup Custom Domain Email Untuk Mengirim Pesan


Pastikan email google kalian mendukung verifikasi 2 langkah. Jika belum, maka cara mengaktifkannya klik disini.

Gambar Login Akun Google
Setelah verifikasi 2 langkah aktif, sekarang buka Sandi Aplikasi (https://myaccount.google.com/apppasswords) dan login dulu jika belum.
 
Gambar Memilih Tipe Sandi Aplikasi
Setelah login, klik Pilih Aplikasi dan pilih Email.

Gambar Memilih Tipe Device Sandi Aplikasi
Lalu kalian klik Pilih Perangkat dan pilih aja terserah, semua sama saja. Lalu klik BUAT.

Gambar Password Dari Sandi Aplikasi
Nah setelah itu kalian dapat passwordnya. Simpan baik-baik password (jangan diberikan ke siapapun) dan nanti akan digunakan untuk login custom emailnya.

Gambar Membuka Setting Gmail
Selanjutnya buka gmail.com. Klik roda bergerigi di kanan atas lalu klik Settings.

Gambar Menuju Accounts and Import Pada Settings
Klik Accounts and Import.

Gambar Menambahkan Custom Email

Lalu klik Add another email address.

Gambar Memasukkan Custom Email
Maka akan muncul halaman kecil. Nah disitu kalian isi Name suka-suka kalian dan Email Address sesuai dengan alias yang kalian tambahkan tadi. Nah kalau misalnya alias kalian tadi pakai yang tanda * maka kalian bebas milih nama usernya. Itu keuntungannya kalian pakai alias dengan tanda * yang artinya mencakup semua nama. Lalu pastinya klik Next Step.

Gambar Memasukkan Akun Gmail Dan Sandi Aplikasi
Isi SMTP Server dengan smtp.gmail.com
Username sesuai email kalian. Usahakan emailnya sama seperti email pada alias supaya menerima dan mengirim pesan bisa dari email yang sama karena metode alias ini adalah mengalihkan pesan dari custom domain menuju email yang kalian punya dan juga email ini digunakan sebagai verifikasi nantinya.
Password masukkan password yang kalian dapat dari Sandi Aplikasi tadi.
Port 587
Klik Add Account

Gambar Kode Verifikasi Telah Dikirm
Nah, disitu kalian diminta verifikasi. Lihat, di atas tertulis bahwa kode verifikasinya akan terkirim ke admin@zahrayudha.id yang mana email tersebut sudah ter-alias dan akan dialihkan pengirimannya ke zahrayudha13@gmail.com. sudah paham kan? Jadi kita membukanya di email zahrayudha13@gmail.com (email alias kalian).

Gambar Melihat Code Verifikasi

Nah, kita mendapat confirmation codenya. Masukkanlah kode ini ke halaman kecil tadi.

Gambar Custom Email Berhasil DItambahkan
Yuhuu!! Emailnya berhasil ditambahkan. Jadi dengan ini kalian sudah bisa mengirim dengan email admin@zahrayudha.id melalui akun gmail zahrayudha13@gmail.com
Perlu bukti? Mari kita buktikan.

Gambar Mengirim Pesan Melalui Custom Email Bag 1
Yap, emailnya muncul di akun gmail zahrayudha13@gmail.com


Gambar Mengirim Pesan Melalui Custom Email Bag 2
Kita coba kirim ke email saya yang lain. Custom

 Yeayy, emailnya berhasil terkirim. Custom email ini dapat digunakan melalui akun gmail kalian jadi custom domainnya sudah tercantum/tertanam di akun gmail kalian, kalian tinggal pilih saja ingin mengirim menggunakan custom domain email atau email dari gmail.

Nah seperti itu penampakannya. Ada tulisan Send mail as: xxx (Di Android).



Gambar Mengirim Pesan Dengan Custom Email Di Hp Bag 2
Mari kita kirimkan.

Sip, pesan kita terima dengan baik. Jadi, dengan menggunakan metode alias ini, kalian dapat menggunakan custom domain kalian dengan platform apa saja melalui akun gmail kalian. 


Cukup sekian dari saya, mohon maaf jika kurangnya efisiensi dalam penggunaan kata karena saya bertujuan membuat pembaca memahami dengan jelas apa yang terdapat dalam tutorial saya. Jika ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan dikolom komentar (pasti dibalas).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyalakan PSU ATX Tanpa Komputer Dengan Metode Jumper

Dipublikasikan : Agustus 16, 2020, Diperbarui : Juni 26, 2023
Halo semuanya. Mungkin sebagaian dari kalian bingung untuk menyalakan psu tanpa komputer atau hanya ingin mengetest psu saja tanpa harus memasangnya di motherboard komputer atau sebagainya. Teori PSU ATX akan hidup apabila sinyal pada PS-ON adalah low dan akan mati dalam keadaan standby apabila sinyal pada PS-ON high. Kondisi low didefinisikan sebagai kondisi di mana tegangan listrik berada pada kondisi minimum, yaitu 0V, sedangkan kondisi high berarti tegangannya berada pada nilai maksimumnya dalam kasus PS-ON ini adalah 5V.  Pada kondisi awal, IC PWM yang membaca sinyal PS-ON akan dialiri tegangan 5V yang berarti dalam kondisi high sehingga membuat IC tersebut meresponnya dengan tidak mengaktifkan tegangannya.  Apabila kita jumperkan kabel PS-ON yang berwarna hijau ke ground yang berwarna hitam, maka tentu saja tegangan pada PS-ON mengalir ke ground (negatif) sehingga PS-ON tidak mempunyai tegangan. Karena tidak ada tegangan, maka PS-ON akan didefinisikan dalam kondis

Pembuktian Luas Permukaan Kerucut

Dipublikasikan : April 07, 2021, Diperbarui : Juni 11, 2021
Jika kita perhatikan, luas permukaan kerucut terdiri dari satu lingkaran utuh dan bagian dari lingkaran (juring), maka kita peroleh Luas Permukaan Kerucut = Lingkaran + Juring AB Dan ternyata panjang busur AB = keliling lingkaran dengan jari-jari r  dikarenakan kedua garis tersebut merupakan rusuk pada bangun kerucut.  Busur AB = Keliling lingkaran utuh = `2pir`    Kalian perhatikan bahwa Juring AB memiliki garis pelukis s yang merupakan jari-jari sebuah lingkaran penuh. Perhatikan ilustrasi berikut   Dari ilustrasi, kita bisa mendapatkan luas dari Juring AB dengan membandingkan antara busur AB dan keliling lingkaran penuh yang berjari-jari s . Kita anggap lingkaran penuh dari ilustrasi tersebut adalah lingkaran besar, maka   `frac{text(Luas Juring AB)}{text(Luas Lingkaran Besar)} = frac{text(Busur AB)}{text(Keliling Lingkaran Besar)}`     Luas Juring AB = `frac{text(Busur AB)}{text(Keliling Besar)} xx text(Luas Lingkaran Besar)`  = `frac{2pir}{2pis} xx pis^2` = `frac{cancel(2pi)r}{can

Pembuktian Aturan Cosinus

Dipublikasikan : Juni 12, 2021, Diperbarui : September 24, 2023
Sayang sekali jika aturan-aturan trigonometri hanya dihafal karena kegunaannya akan sangat sempit nantinya. Oleh karena itu, di sini saya akan membuktikan bagaimana rumus aturan cosinus tersebut bisa tercipta. Untuk mencarinya, kita menggunakan konsep pythagoras, yaitu `a^2 = b^2 + c^2` Mencari `a^2` Kita menggunakan segitiga di atas sebagai dasarnya. Pertama-tama, mari kita cari sisi a. `a^2 ` = `CD^2` + `DB^2` Kita buat x = AD dan DB = c-x, maka `a^2 = (c-x)^2 + CD^2` CD = b.sinA x = b.cosA `a^2 = (c-b.cosA)^2 + (b.sinA)^2` `a^2 = c^2 -2cb.cosA + b^2.cos^2A + b^2.sin^2A` `a^2 = c^2 -2cb.cosA + b^2(cos^2A + sin^2A)` Nah, di sini ada yang menarik. Kita bisa mendapat identitas trigonometri untuk menyederhanakan persamaan di atas lagi-lagi menggunakan pythagoras `a^2 + b^2 = c^2` `frac{a^2}{c^2} + frac{b^2}{c^2} = cancel(frac{c^2}{c^2)}` `frac{a^2}{c^2} + frac{b^2}{c^2} = 1` Jika `frac{a}{c}` = sin`theta` dan `frac{b}{c}` = cos`theta` Maka `frac{a^2}{c^2}` = `frac{a}{c} xx frac{a}{c}`

Menghilangkan Proteksi Pada Power Supply ATX LA8100PN Dan Sejenisnya

Dipublikasikan : Agustus 16, 2020, Diperbarui : Februari 19, 2024
Halo semuanya, pada tutorial kali ini saya ingin berbagi cara untuk menghilangkan sistem proteksi pada power supply atx atau biasa disebut juga psu komputer. Proteksi ini biasanya mencakup Over Current Protection, Over Voltage Protection, dan Under Voltage Protection. Nah, sistem proteksi-proteksi di atas akan menghalangi kalian untuk memakai seluruh daya pada psu atx, yang biasanya digunakan untuk MBR/Penghancur Short. Setelah sistem proteksi tersebut dihilangkan, maka kalian secara bebas dapat memakai seluruh daya pada psu tersebut, baik untuk MBR, Las Mini, dan bahkan untuk men-shortkannya pun tidak masalah (Sebentar saja). WARNING : DAPAT MENIMBULKAN KEBAKARAN JIKA TIDAK BERHATI-HATI DALAM MELAKUKAN LANGKAH-LANGKAHNYA. TANYAKAN KEPADA ORANG YANG BERKOMPETEN KETIKA INGIN MELAKUKAN PERCOBAAN LEBIH MENDALAM. Cara Mematikan Sistem Proteksi Ini adalah penampakan dari boardnya. Bagian yang saya lingkarin tersebut merupakan ic pwm dari psu ini.

Review Dan Penggunaan Remote Universal Joker

Dipublikasikan : Agustus 16, 2020, Diperbarui : Juni 26, 2023
Halo semuanya. Remote kalian pernah rusak? Atau kalian bertanya, apa sih Remote Universal itu? Nah di artikel kali ini saya akan membahas mengenai Remote Universal. Apa itu Remote Universal? Remote Universal, sesuai namanya yaitu "Universal" yang artinya umum. Jadi, Remote Universal adalah remote yang bisa digunakan secara umum pada hampir semua merek TV, digital receiver, bahkan AC (tergantung merek universal remotenya).  Untuk remote yang saya beli adalah Multi RM99+ID Joker yang biasanya sih disebut Remote Joker. Alasan saya membelinya adalah karena remote TV saya rusak dan harga remote barunya sangat mahal. Saran saya kepada kalian jika remote rusak, sebaiknya kalian beli universal remote saja karena harganya jauh lebih murah dibanding remote aslinya atau biaya servis remotenya. Remote universal Joker ini biasanya dibanderol dengan harga 20 ribuan saja di online shop. Dari dus Remote Joker ini, yang saya dapatkan adalah Remote yang

Bisakah Kita Menggunakan HDD Komputer Di Laptop Atau Kebalikannya?

Dipublikasikan : Agustus 20, 2021, Diperbarui : Juni 24, 2023
Secara umum, hard disk memiliki dua jenis yang dibedakan berdasarkan ukurannya, yaitu hdd 2,5 inch dan hdd 3,5 inch. Bisa ditebak bahwa 2,5 inch digunakan pada laptop dan 3,5 inch pada komputer. Namun, apakah kita bisa membaliknya dengan menggunakan hdd laptop di komputer ataupun menggunakan hdd komputer di laptop? Jawabannya sangat bisa. Kabel pada hdd, dibagi menjadi dua dengan kedua fungsi yang berbeda, yaitu sebagai kabel tegangan (power sata) dan kabel data (sata). Pada dasarnya, semua hdd menggunakan port sata (bawah) dan kabel power hdd (atas) yang sama, baik itu pada jenis 2,5 inch dan 3,5 inch. Di atas adalah pin dari kabel sata sebagai kabel transportasi data. Semua kabel dan port sata pasti menggunakan konfigurasi seperti itu sehingga perpindahan data pada hard disk laptop dan komputer pada dasarnya sama saja. Hal ini memungkinkan untuk kedua tipe hard disk digunakan sebagai penyimpanan internal, baik di laptop maupun komputer. Perbedaannya terdapat pada kabel powernya. Hdd