Langsung ke konten utama

Tutorial Menggunakan sysb.AI Di Linux, Pengganti Serveo

Dipublikasikan : Maret 08, 2020, Diperbarui : Juni 26, 2023

UPDATE : SYSB.AI TELAH BERHENTI BEROPERASI, ANDA DAPAT MENGGUNAKAN SERVEO YANG TELAH AKTIF KEMBALI.

Seperti yang telah kalian ketahui, Serveo telah down dalam waktu yang lama dikarenakan masalah phising yang akhirnya mengharuskan Serveo untuk down. Tapi tenang saja, sysb.AI adalah solusi terbaik saat ini.
Berikut adalah kelebihan dan kekurangan sysb.AI,

Kelebihan
Gratis
• Portable (tidak perlu install-menginstall)
• Bisa mengganti subdomain

Kekurangan
 Tidak bisa custom domain

Seperti sebelumnya, pertama-tama kalian buka terminal pada Linux atau pada Android kalian bisa menggunakan Termux. Di tutorial kali ini saya akan menggunakan Termux tetapi caranya tidak berbeda dengan Terminal pada Linux.

Aktifkan dahulu local server kalian (Cara mengaktifkannya berbeda-beda dan artikel ini tidak membahas tentang hal tersebut)

Setelah itu, kalian cek juga apakah local server kalian aktif atau belum dengan membukanya di browser. (Port setiap local server berbeda-beda sesuai dengan webserver yang kalian pakai dan sesuai dengan settingan kalian)

Lalu kalian ketik ssh -R 0:localhost:8080 demo@sysb.ai di Terminal/Termux
Angka 8080 merupakan port yang ingin di-onlinekan. Jadi jika port local server kalian bukan 8080 maka gantilah sesuai dengan port pada local server kalian. Semisal local server kalian beralamat di 127.0.0.1:8085 maka gantilah 8080 tersebut menjadi 8085 dan commandnya akan berubah menjadi ssh -R 0:localhost:8085 demo@sysb.ai


Nah, jika tampilannya berubah menjadi seperti itu maka kalian telah sukses mengonlinekan local server kalian. 
Alamat yang kasih tanda panah merah merupakan alamat situs kalian yang dapat diakses secara global.

Dan selamat local server kalian sudah online dan dapat diakses secara global.

Loh tapi kok alamat subdomainnya random? Tadi katanya bisa mengganti subdomain?

Nah, tenang dulu. Tutorialnya belum selesai. Seperti yang kita tahu alamat public server saya adalah http://swiftjudging.ap.sysb.ai

swiftjudging merupakan subdomain yang mana saya dapatkan secara random dan akan berubah-ubah ketika kalian menyetop dan memulai layanan lagi (restart layanan).
ap (Asia Pacific) adalah tempat server dari layanan sysb.AI yang akan berubah-ubah menyesuaikan seberapa cepat server tersebut dengan tempat kalian berada.
sysb.ai merupakan domain layanan port forwarding ini.

Nah untuk mengganti subdomain (swiftjudging) silahkan simak kelanjutan tutorialnya dibawah.

Cara Mengganti Subdomain sysb.AI


Pertama, ketik export SYSB_SUBDOMAIN=zahrayudha 
Penjelasan:
zahrayudha merupakan nama subdomain yang nantinya akan menjadi nama subdomain di public server (menggantikan subdomain yang random). Nama ini bisa kalian ganti sesuai dengan yang kalian inginkan.

Dan memang saat dienter tidak akan muncul apa-apa.

Lalu kalian ketik ssh -o SendEnv=SYSB_SUBDOMAIN -R 0:localhost:8080 demo@sysb.ai 
Perbedaan command ini dan command yang tadi di atas adalah penambahan argumen -on SendEnv=SYSB_SUBDOMAIN yang berfungsi untuk menginformasikan kepada layanan agar subdomainnya berubah menjadi subdomain yang sudah kalian tetapkan di command export tadi.

Dan local server kalian telah menjadi public server (online) dan subdomainnya telah berganti juga sesuai dengan yang kalian inginkan.


Nah selamat, local server kalian sudah dapat diakses secara global, dimanapun kalian bisa akses dan subdomainnya juga sesuai dengan yang kalian inginkan. 


Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar.

Komentar

  1. untuk di wondows bagaimana caranya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf. Sepertinya untuk layanan sysb.ai sudah berhenti sejak lama.

      Hapus
  2. apakah di windows 7 bisa, jika bisa bagaimana caranya kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sysb.ai sudah lama berhenti beroperasi, tetapi tenang karena pengganti dari layanan ini akan saya publikasikan di artikel-artikel selanjutnya. Ditunggu ya!

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyalakan PSU ATX Tanpa Komputer Dengan Metode Jumper

Dipublikasikan : Agustus 16, 2020, Diperbarui : Juni 26, 2023
Halo semuanya. Mungkin sebagaian dari kalian bingung untuk menyalakan psu tanpa komputer atau hanya ingin mengetest psu saja tanpa harus memasangnya di motherboard komputer atau sebagainya. Teori PSU ATX akan hidup apabila sinyal pada PS-ON adalah low dan akan mati dalam keadaan standby apabila sinyal pada PS-ON high. Kondisi low didefinisikan sebagai kondisi di mana tegangan listrik berada pada kondisi minimum, yaitu 0V, sedangkan kondisi high berarti tegangannya berada pada nilai maksimumnya dalam kasus PS-ON ini adalah 5V.  Pada kondisi awal, IC PWM yang membaca sinyal PS-ON akan dialiri tegangan 5V yang berarti dalam kondisi high sehingga membuat IC tersebut meresponnya dengan tidak mengaktifkan tegangannya.  Apabila kita jumperkan kabel PS-ON yang berwarna hijau ke ground yang berwarna hitam, maka tentu saja tegangan pada PS-ON mengalir ke ground (negatif) sehingga PS-ON tidak mempunyai tegangan. Karena tidak ada tegangan, maka PS-ON akan didefinisikan dalam kondis

Menghilangkan Proteksi Pada Power Supply ATX LA8100PN Dan Sejenisnya

Dipublikasikan : Agustus 16, 2020, Diperbarui : Februari 19, 2024
Halo semuanya, pada tutorial kali ini saya ingin berbagi cara untuk menghilangkan sistem proteksi pada power supply atx atau biasa disebut juga psu komputer. Proteksi ini biasanya mencakup Over Current Protection, Over Voltage Protection, dan Under Voltage Protection. Nah, sistem proteksi-proteksi di atas akan menghalangi kalian untuk memakai seluruh daya pada psu atx, yang biasanya digunakan untuk MBR/Penghancur Short. Setelah sistem proteksi tersebut dihilangkan, maka kalian secara bebas dapat memakai seluruh daya pada psu tersebut, baik untuk MBR, Las Mini, dan bahkan untuk men-shortkannya pun tidak masalah (Sebentar saja). WARNING : DAPAT MENIMBULKAN KEBAKARAN JIKA TIDAK BERHATI-HATI DALAM MELAKUKAN LANGKAH-LANGKAHNYA. TANYAKAN KEPADA ORANG YANG BERKOMPETEN KETIKA INGIN MELAKUKAN PERCOBAAN LEBIH MENDALAM. Cara Mematikan Sistem Proteksi Ini adalah penampakan dari boardnya. Bagian yang saya lingkarin tersebut merupakan ic pwm dari psu ini.

Review Dan Penggunaan Pompa Galon Elektrik Mini Murah

Dipublikasikan : Agustus 18, 2020, Diperbarui : Juni 24, 2023
Kalian mungkin lelah untuk mengangkat galon ke dispenser dengan lubang air di atas atau bahkan bagi kalian yang masih harus menuangkan air dari galon ke teko air? Mungkin kalian bisa beralih menggunakan alat murah yang sangat menarik ini. Sesuai dengan namanya, pompa ini berukuran mini dan tentunya juga bersistem elektrik yang ditenagai baterai sehingga tidak perlu repot-repot saat listrik mati. Kebetulan yang saya beli merupakan pompa dari Goto Hardware dari Shopee. Alasan saya membeli dari sana karena mereka Official Store dan murah juga, sekitar 27 ribuan. Namun, tidak ada kewajiban di mana kalian harus membelinya karena sebetulnya produk ini sama semua meski dengan merek berbeda. Dan inilah yang saya dapatkan di paket pembeliannya, Cara Penggunaan Untuk cara penggunaannya cukup simpel dan praktis, pertama usahakan kalian cuci dahulu selang dan corongnya hingga bersih. Lalu, kalian cek dahulu fungsi-fungsinya apakah bekerja dengan baik atau tidak. Pengecekan-pengecekan t

Review Dan Penggunaan Remote Universal Joker

Dipublikasikan : Agustus 16, 2020, Diperbarui : Juni 26, 2023
Halo semuanya. Remote kalian pernah rusak? Atau kalian bertanya, apa sih Remote Universal itu? Nah di artikel kali ini saya akan membahas mengenai Remote Universal. Apa itu Remote Universal? Remote Universal, sesuai namanya yaitu "Universal" yang artinya umum. Jadi, Remote Universal adalah remote yang bisa digunakan secara umum pada hampir semua merek TV, digital receiver, bahkan AC (tergantung merek universal remotenya).  Untuk remote yang saya beli adalah Multi RM99+ID Joker yang biasanya sih disebut Remote Joker. Alasan saya membelinya adalah karena remote TV saya rusak dan harga remote barunya sangat mahal. Saran saya kepada kalian jika remote rusak, sebaiknya kalian beli universal remote saja karena harganya jauh lebih murah dibanding remote aslinya atau biaya servis remotenya. Remote universal Joker ini biasanya dibanderol dengan harga 20 ribuan saja di online shop. Dari dus Remote Joker ini, yang saya dapatkan adalah Remote yang

Bisakah Kita Menggunakan HDD Komputer Di Laptop Atau Kebalikannya?

Dipublikasikan : Agustus 20, 2021, Diperbarui : Juni 24, 2023
Secara umum, hard disk memiliki dua jenis yang dibedakan berdasarkan ukurannya, yaitu hdd 2,5 inch dan hdd 3,5 inch. Bisa ditebak bahwa 2,5 inch digunakan pada laptop dan 3,5 inch pada komputer. Namun, apakah kita bisa membaliknya dengan menggunakan hdd laptop di komputer ataupun menggunakan hdd komputer di laptop? Jawabannya sangat bisa. Kabel pada hdd, dibagi menjadi dua dengan kedua fungsi yang berbeda, yaitu sebagai kabel tegangan (power sata) dan kabel data (sata). Pada dasarnya, semua hdd menggunakan port sata (bawah) dan kabel power hdd (atas) yang sama, baik itu pada jenis 2,5 inch dan 3,5 inch. Di atas adalah pin dari kabel sata sebagai kabel transportasi data. Semua kabel dan port sata pasti menggunakan konfigurasi seperti itu sehingga perpindahan data pada hard disk laptop dan komputer pada dasarnya sama saja. Hal ini memungkinkan untuk kedua tipe hard disk digunakan sebagai penyimpanan internal, baik di laptop maupun komputer. Perbedaannya terdapat pada kabel powernya. Hdd

Pembuktian Luas Permukaan Kerucut

Dipublikasikan : April 07, 2021, Diperbarui : Juni 11, 2021
Jika kita perhatikan, luas permukaan kerucut terdiri dari satu lingkaran utuh dan bagian dari lingkaran (juring), maka kita peroleh Luas Permukaan Kerucut = Lingkaran + Juring AB Dan ternyata panjang busur AB = keliling lingkaran dengan jari-jari r  dikarenakan kedua garis tersebut merupakan rusuk pada bangun kerucut.  Busur AB = Keliling lingkaran utuh = `2pir`    Kalian perhatikan bahwa Juring AB memiliki garis pelukis s yang merupakan jari-jari sebuah lingkaran penuh. Perhatikan ilustrasi berikut   Dari ilustrasi, kita bisa mendapatkan luas dari Juring AB dengan membandingkan antara busur AB dan keliling lingkaran penuh yang berjari-jari s . Kita anggap lingkaran penuh dari ilustrasi tersebut adalah lingkaran besar, maka   `frac{text(Luas Juring AB)}{text(Luas Lingkaran Besar)} = frac{text(Busur AB)}{text(Keliling Lingkaran Besar)}`     Luas Juring AB = `frac{text(Busur AB)}{text(Keliling Besar)} xx text(Luas Lingkaran Besar)`  = `frac{2pir}{2pis} xx pis^2` = `frac{cancel(2pi)r}{can